Minggu, 20 Mei 2018

RPP terpadu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS IV SD MASYITHOH
NGORO MOJOKERTO


TUGAS TUTORIAL 2
PEMBELAJARAN TERPADU





DISUSUN OLEH :

SITI SHOLIKHAH
834941289




UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA
2017/2018.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU

Sekolah : SD Masyithoh
Kelas / Semester :  4 /2
Tema                        :  9. Kayanya Negeriku
Sub Tema                  :  1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Muatan Terpadu :  IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP
Pembelajaran ke :  1 dan 2
Alokasi waktu          :  2 Hari

KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR
Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar

3.5 
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.


Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar

3.1 
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1 
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar

3.3 
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4
.3 
Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

Muatan PPKn
No
Kompetensi Dasar

1.3

2.3

Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

4.2
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


Muatan SBdP
No
Kompetensi Dasar

3.2
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

4.2
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada



INDIKATOR

IPA
No
Indikator

3.5
Mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik

4.5
Membuat laporan pengamatan


IPS
No
Indikator

3.1
Memahami dan mengenal hubungan manusia dengan lingkungan

4.1
Membuat peta pikiran


BAHASA INDONESIA
No
Indikator

3.3
Mencari informasi mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia

4.3
Melakukan wawancara


PPKn
No
Indikator

3.2
Memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan

4.3
Menulis hasil identifikasi


SBdP
No
Indikator

3.2
Bernyanyi dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada

4.2
Menyanyikan lagu Alam Bebas



C. TUJUAN
IPA
Dengan membaca teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa dapat mengetahui salah satu contoh sumber energi  yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
Dengan mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa dapat mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab.

IPS
Dengan membaca teks tentang lingkungan siswa dapat memahami dan mengenal hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.

BAHASA INDONESIA
Dengan wawancara siswa dapat mencari informasi mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia dengan penuh kepedulian.

PPKn
1. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan siswa dapat memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

SBdP
Dengan menyanyikan lagu berjudul “Alam Bebas” siswa dapat Bernyanyi dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan penuh percaya diri.



D. MATERI
Sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Sumber energi alternatif ( air )
Hubungan manusia dengan lingkungan alam
Wawancara
Hak dan kewajiban terhadap lingkungan
Tanda tempo dan tinggi rendah nada


PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah





KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pembukaan
Guru memberikan salam.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku?
Apa judul buku?
Kira-kira ini menceritakan tentang apa?
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini?
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit

Inti
Ayo Mengamati
Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
Siswa mengamati gambar tentang pengaruh contoh sumber energi, yaitu air dan listrik.
Siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa tertarik untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang sumber energi dan keterkaitan antar ruang dan kegiatan manusia.
Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Secara mandiri siswa mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air.
Selsesai mengamati, siswa mencari keterkaitan anatar air dengan listrik.
Pada akhir kegaitan, guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk membacakan hasilnya.
Guru mengkonfimasi setiap jawaban siswa untuk kemudian memandu siswa untuk membuat kesimpulan secara bersama-sama.








Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah gambar.
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara air dengan listrik.

Ayo Membaca
Siswa membaca bacaan yang berjudul “Air dan Listrik”.
Secara mandiri, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi ketepatan jawabannya dari setiap jawaban siswa.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah gambar.
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara air dengan listrik.

Siswa membaca bacaan berjudul Lingkungan.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 15 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.


Ayo Berlatih
Siswa melakukan pengamatan berkaitan dengan cara kerja lsitrik menggunakan saklar.
Guru mengarahkan kepada siswa untuk membuat catatan pengamatan.
Berdasarkan catatan pengamatan, siswa menyusun sebuah kesimpulan dari pengamatan.
Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi kebenarannya.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah gambar.
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara air dengan listrik.

Siswa secara mandiri menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.

Alternatif Jawaban:
Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup.
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.
Fungsi lingkungan: sebagai tempat hidup dan mencari makan, Lingkungan sebagai Tempat Berlangsungnya. Aktivitas Manusia, Lingkungan sebagai Tempat Tinggal (Habitat).

Lingkungan bisa mempengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.

Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui hubungan antara manusia dengan lingkungan.


Ayo Berdiskusi
Guru memngingatkan kembali tentang isi bacaan dengan judul “Lingkungan”, guru meminta siswa untuk mencari informasi mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia.
Siswa mencari inormasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara sederhana terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.
Siswa menuliskan informasi yang ia dapatkan dalam tabel yang disediakan.
Siswa saling menukarkan informasi yang mereka dapatkan dan saling memberikan komentar positif dan saran perbaikan.

Hasil yang Diharapkan:
Pengetahuan siswa tentang manfaat lingkungan bagi kehidupan.
Keterampilan siswa dalam mencari dan menyajikan informasi.

Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa dengan memberikan apersepsi tentang hak dan kewajiban manusia, khususnya terhadap lingkungan.

Ayo Berdiskusi
Pada kegiatan AYO BERDISKUSI: siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.


Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.

Alternatif jawaban:




Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
Siswa memiliki keterampilan berkomuniukasi lisan dan tulis.
Siswa memiliki keterampilan dan kepercayaan diri mengungkapkan pendapat.

Ayo Berlatih
Siswa berlatih menyanyikan lagu “Alam Bebas”.
Kegiatan ini dapat dilakukan secara mandiri maupun secara berpasangan atau berkelompok.
Dalam bernyanyi siswa harus memerhatikan nada dan tempo yang benar.
Siswa menyanyikan lagu “Alam Bebas” bersama teman-temannya dengan menggunakan  iringan dengan alat musik yang ada di sekitarmu.
Kegiatan ini dapat dikreasikan layaknya sebuah pertunjukan ataupun perlombaan menyanyi agar kegiatan pembelajarannya berjalan secara menyenangkan dan tidak membosankan.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa percaya diri.
Siswa memiliki keterampilan bernyanyi sesuai dengan nada dan tempo yang benar.

150 menit










































































































































































150 menit





Penutup
Ayo Renungkan
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan sumber energi lingkungan, dan keterampilan wawancara.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.

Siswa mengisi table mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan sumber energi, lingkungan, dan keterampilan wawancara. 



Hasil yang Diharapkan:
Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.

Kerjasama dengan Orang Tua
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari keluarganya.
Siswa mencatat kegiatan yang memanfaatkan air dan banyaknya air yang digunakan.
Siswa juga mencatat usaha hemat air yang sudah dilakukan oleh keluarganya dalam menghemat air?


Hasil yang Diharapkan:
Siswa memiliki kepedulian terhadap sekitar.
Siswa mampu menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lain.
Siswa memiliki keterampilan untuk mengungkapakan pendapat.

Siswa bernyanyi lagu “Alam Bebas” tanpa menggunakan iringan alat musik di depan orang tuanya.
Selesai bernyanyi, siswa meminta pendapat dan tanggapan dari orang tuanya mengenai ketepatan nada, tempo, dan lirik lagu.


Hasil yang Diharapkan:
Siswa percaya diri.
Siswa memiliki keterampilan bernyanyi sesuai dengan nada dan tempo yang benar.
Adanya kerja sama yang baik antar anak dengan orang tua.

Salam dan do’a penutup.

15 menit



SUMBER DAN  MEDIA
Buku Pedoman Guru Tema 9 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Buku siswa,
Teks bacaan sumber energi air dan listrik,
Bacaaan tentang lingkungan,
Gambar bendungan dan gardu listrik,
Pedoman wawancara
Lirik lagu “Alam Bebas”
Alat iring lagu sederhana.


PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian sebagai berikut.


Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar





Rubrik Membuat Kesimpulan



Rubrik Membuat Peta Pikiran (mind map)









Rubrik Menyanyi












Catatan Guru
1. Masalah        :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,




Siti Aisyah,S.Ag, S.Pd.

Ngoro, ... April 2018
Guru Kelas IV B




Siti Sholikhah, S.Kom




















Aspek-aspek mata pelajaran yang dapat dipadukan

PPKn
BAHASA INDONESIA
IPA
IPS
SBdP

keberagaman karakteristik

Wawancara

siklus hidup makhluk hidup

karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
gambar tiga dimensi


pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
Puisi
macam-macam gaya

keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
tanda tempo dan tinggi rendah nada



pengetahuan baru dari teks nonfiksi

gaya dengan gerak
kegiatan ekonomi
gerak tari kreasi daerah



tokoh-tokoh pada teks fiksi

sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam
karya seni rupa teknik tempel



watak tokoh pada teks fiksi










Kompetensi dasar mata pelajaran

PPKn
BAHASA INDONESIA
IPA
IPS
SBdP

Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar